Something between KTI and Pregnancy.

Bismillahirrahmanirrahim

Seperti yang udah saya sungging singgung sebelum-sebelumnya, di awal semester 5 ini saya lagi ‘asik’ belajar mengenai kehamilan dan gangguan reproduksi. Baru 2 minggu kuliah, masih belajar soal kehamilan aja. Apapun mengenai kehamilan kita pelajari di blok ini. Baru dua minggu aja saya udah belajar mulai dari bagaimana bisa hamil bagaimana proses perkembangan janin dari masa koitus ampek kemudian terjadi fertilisasi, terbentuk zigot, belah-belah-belah, hari ketiga morula masuk ke cavum uteri yang biasa dikenal orang awam sebagai rahim, terus di sana dia mulai ‘pedekate’ ama endometrium alias dinding rahim, terus morula ‘ganti wajah’ lagi jadi blastokista yang bakal jadi ‘artis’ dalam proses kehamilan selanjutnya. Kenapa? Soalnya si blastokista itu punya ‘anggota’ trofoblas di mana si trofoblas itu yang nanti bakal istilah kerennya nge-invasi dan kemudian penetrasi si dinding rahim sehinggaaaa… *mikir dulu* doi bisa ‘ngegaet’ pembuluh darah di sana, buntel-buntel-buntel dan taraaaa.. jadilah plasenta. Bener gitu bukan, ya? :mrgreen:

Leonardo_wombPicture source : here.

Selain belajar dari awal gimana seorang perempuan kemudian bisa hamil, minggu kedua ini saya juga belajar mengenai kelainan-kelainan pada Ibu hamil; sebut saja hiperemesis gravidarum alias kondisi mual muntah parah pada ibu hamil, terus ada anemia gravidarum, terus kelainan liquour amnii alias air ketuban dan lain-lain. Nggak cuma tau definisinya, kita juga belajar gimana cara diagnosis sampai penatalaksanaan. Seru lagi pas belajar medik — walaupun jadwalnya bisa dua kali dua jam dalam sehari 🙄 — tapi ternyata apa yang dipelajarin di medik itu seru banget! Belajar cara melahirkan bayi alias asuhan persalinan normal — pake manequin — ampek plasenta-plasentanya, terus cara ANC alias Antenatal Care yaitu pengawasan kehamilan terhadap Ibu hamil, belajar Partograf ampek belajar cara masang implant alias susuk KB. Asiknya lagi, selain belajar banyak hal itu untuk nanti ‘menghadapi’ pasien, saya — yang juga perempuan– juga jadi belajar banyak hal sebagai bekal persiapan nanti ketika saya sudah menikah, hamil dan melahirkan; tentang imunisasi TT sebelum nikah, tentang kapan sih ‘saat yang tepat’ biar saya bisa hamil, apa aja yang harus saya lakukan ketika mulai merasa hamil dan cara-cara mengatasi banyak hal yang berubah dengan adanya kehamilan tersebut, ngitung HPL sendiri, paham perkembangannya janin udah gimana, gimana cara ‘ngeden’ pas persalinan, gimana cara ini, gimana cara itu dan lain-lain. Seruuuuuuuuuu! Cucok deh cucok walaupun materinya segambreng tapi saya bener-bener minat dan seneng belajarnya; beda rasanya dengan waktu saya belajar mengenai jantung dan sodara-sodaranya :eek:.

IMG-20130921-02082

partograf 1

parto

Ini blok bener-bener lucu; biasanya mahasiswa bakal sakit ngikutin judul bloknya, misal sakit flu pas blok Infeksi, alergi pas blok Imunopatologi, anemia pas blok Gangguan Hemodinamika, masak harus hamil ngikutin blok Kehamilan? 😆 *amit-amit. Bener-bener harus kerja keras di semester ini apalagi ditambah KTI yang udah melambai-lambai manggil minta segera digarap.

Kemarin saya udah diskusi ama DPA; DR. dr. Untung Widodo, Sp.An bla-bla-bla (gelarnya panjang beut!) dan beliau setuju-setuju aja dengan judul yang saya sebutkan. Saya galau antara milih pembimbing dari Departemen Fisiologi atau Penyakit Dalam. Akhirnya saya mantap dengan judul lama dan memutuskan untuk menghubungi Prof. Barmawi. Sok-sok ‘caem’ pas ngirim SMS ke beliau, nggak nyangka beliau langsung bales dan mengajukan tanggal serta waktu ketemuan! Cinta saya bersambut :D. Bikin KTI itu bener-bener kayak nyari jodoh; lirik-lirik, pelan-pelan menghubungi, janjian, PDKT, jadi deh! 😆

Screen_20130925_170546

Empat temen saya pas tahu saya udah mulai PDKT dan sudah menghubungi ‘calon partner‘ saya, mereka langsung buru-buru cari judul dan menjadi ‘penghuni’ tetap di Perpus. Kayaknya itu buku kumpulan judul-judul KTI-KTI kakak angkatan kita udah habis dilahap tapi selalu mentok. Rina dan Cheli pada akhirnya udah sedikit dapat pencerahan untuk menggarap KTI tentang paru-paru; Rina soal ngebahas sesuatu dengan kapasitas paru, Cheli ngebahas sesuatu dengan volume tidal dan mereka memutuskan untuk gabung di kubu Fisiologi. Bita yang belum nemu chemistry buat ‘melabuhkan’ pilihan di mana akhirnya ikut-ikutan masuk geng Fisiologi; usaha saya membujuk dia buat ngambil PD juga — biar saya ada temen ‘sengsara’ bareng :mrgreen: — gagal total, malahan saya diajak juga buat nyari pembimbing dari Departemen Fisiologi dan mengganti ‘sesuatu’ yang mau saya jadikan penelitian KTI dengan sesuatu yang berbau Fisiologi. Lucuk juga liat tampang-tampang ‘stres’ mereka nyari inspirasi buat KTI dan saya gak tahan buat nggak moto dan bilang bakal bikin blog tentang kehidupan para pejuang KTI tersebut. ‘Siapa tau kalian ketemu jodoh masing-masing pas aku posting di blog’, canda saya. Dan mereka langsung masang tampang malu-malu, tapi mau, dan bersikap secool mungkin. Moga bener-bener ketemu jodoh, ya :lol:. Aamiin.

IMG-20130926-02135Rina sedang mencari ilham dari judul-judul KTI kakak angkatan 😆

IMG-20130926-02140Bita sedang mencari inspirasi dengan melototin mbak-mbak yang lagi garap KTI 😆

IMG-20130926-02143Cheli sedang memasang tampang agar terlihat intelek :mrgreen: 

Kaliurang, 26 September 2013 at 9.09 PM.

Moga pedekate lancar dan judul KTI diterima. Moga temen-temen saya di atas seger menemukan jodohnya masing-masing. Aamiin! 🙂

5 responses to “Something between KTI and Pregnancy.

  1. dibaca semuaaaaaaaaa.. langsung ngantuuuukkk.. :p

    moga sukses semuaaaa lancarrrr cepet lulus nikah hamil punya dedek bayiiiiiii auuuuu

Tinggalkan Balasan

