Sebentar lagi kelas 3. Kemudian?

Bismillahirrahmanirrahim..

–tengok tanggal terakhir nulis di MP–
1 May 2010. Wow. Makin ke sini, renggang waktu antara tulisanku yang satu dengan yang lainnya makin lebaaar saja. Ngeri sendiri ngeliatnya. Pantes aja kemampuan menulis pun sudah jauh menurun dari sebelumnya –tears–.

Tak terasa waktu berjalan sambil berlari. Perasaan baru kemarin aku duduk di bangku kelas 2 SMP. Ya, D U A E S E M P E. Waktu itu sama seperti hari ini, aku bingung menentukan jalan mana yang hendak ku tempuh. Buktinya? Bisa dilihat di sini. Ketawa-ketawa aja aku baca tulisan-tulisanku dulu, tulisannya heboh sendiri, A B G banget ๐Ÿ˜€

Dan besok! Aku sudah kelas 3 SMA, subhanallah.. dengan fikiran yang lebih matang dan dewasa –ciyeh– aku bersiap menyongsong masa depan –aahem!–. Yang udah jadi kontakku dari jaman dahulu kala mungkin ndak nyangka ya, aku dulu yang masih jadi ‘anak pitik’ di dunia persilatan MP, sekarang udah mau kelas 3 SMA. Dulu aku baru berumur 14 taun dan masih ngeong-ngeong kayak anak kucing nyeracau ndak jelas, sekarang udah 17 tahun. Subhanallah. Betapa waktu berlari bagaikan kuda perang… Inikah tanda-tanda akhir zaman?

Rasulullah shallallahu `alaihi wasallam bersabda >> “Kiamat hampir saja akan berdiri apabila sudah banyak perbuatan bohong, masa (waktu) akan terasa cepat dan pasar-pasar akan berdekatan (karena saking banyaknya).” –HR. Ibnu Hibban–

Lantas, apa yang kamu bingungkan, Fath?


Ya bingung aja, setelah SMA ini aku mau ke mana? Karena setelah lulus SMA itu nggak sama seperti ketika akan lulus SD yang udah pasti ngelanjut SMP dan lulus SMP yang udah pasti ngelanjut SMA. Lulus SMA menawarkan banyak pilihan hidup yang bisa diambil. Lanjut Kuliah, Nuntut Ilmu Syar’i, Kerja, atau Nikah [yang satu ini kayaknya udah dinanti-nanti dari dulu, hehe]?

Dan pilihan mana yang ku ambil?

Saat ini aku mempunyai 4 pilihan yang insyaALLAH sudah ku rencanakan dengan matang. 4 pilihan hidup di atas akan ku ambil semua –wow–.

Pertama, insyaALLAH aku bakal ngelanjut kuliah. Kenapa? Membahagiakan Ayah Ibu dan aku pingin punya keahlian yang setidaknya bisa bermanfaat untuk orang lain. Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain to? –jadi inget mars SMP-ku dulu–.

ุฎูŠู’ุฑู ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู ุฃูŽู†ู’ููŽุนูู‡ูู…ู’ ู„ูู„ู†ู‘ูŽุงุณู

โ€œSebaik-baik manusia adalah yang paling memberikan manfaat bagi orang lain.โ€
(Al Jaamiโ€™ Ash Shogir, no. 11608)


Dan untuk kuliah aku pun sudah 90% yakin dan memutuskan untuk menjadi dokter –insyaALLAH–. Kenapa dokter? Berkaca pada pengalamanku, aku pingiiiin banget nolong para perempuan yang mungkin masih banyak diperiksa oleh dokter laki-laki. Dan oleh karena itu pula aku memutuskan suatu hari nanti aku pingin jadi dokter spesialis kandungan. Sp.OG. Memang tak mudah untuk bisa masuk FK, tapi tidak ada yang tak mungkin bila Allah sudah berkehendak. Rezeki sudah tuntas diatur.

ุนูŽู†ู’ ุนูŽุจู’ุฏูุงู„ู„ู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ :
ุญูŽุฏูŽุซูŽู†ูŽุง ุฑูŽุณููˆู’ู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠ
ู‡ ูˆุณู„ู…ุŒ ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุงู„ุตู‘ูŽุงุฏูู‚ู ุงู„ู’ู…ูŽุตู’ุฏููˆู’ู‚ู :ุฅูู†ู‘ูŽ ุฃูŽุญูŽุฏูŽูƒูู…ู’ ูŠูุฌู’ู…ูŽุนู ุฎูŽู„ู’ู‚ูู‡ู ูููŠ ุจูŽุทู’ู†ู ุฃูู…ู‘ูู‡ู ุฃูŽุฑู’ุจูŽุนููŠู’ู†ูŽ ูŠูŽูˆู’ู…ู‹ุง. ุซูู…ู‘ูŽ ูŠูŽูƒููˆู’ู†ู ูููŠ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุนูŽู„ูŽู‚ูŽุฉู‹ ู…ูุซู’ู„ูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ. ุซูู…ู‘ูŽ ูŠูŽูƒููˆู’ู†ู ูููŠ ุฐูŽู„ููƒูŽ ู…ูุถู’ุบูŽุฉู‹ ู…ูุซู’ู„ูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ. ุซูู…ู‘ูŽ ูŠูุฑู’ุณูู„ู ุงู„ู’ู…ูŽู„ูŽูƒูŽ ููŽูŠูŽู†ู’ููุฎู ูููŠู’ู‡ู ุงู„ุฑู‘ููˆู’ุญูŽ. ูˆูŽูŠูุคู’ู…ูŽุฑู ุจูุฃูŽุฑู’ุจูŽุนู ูƒูŽู„ูู…ูŽุงุชู: ุจููƒูุชูุจู ุฑูุฒู’ู‚ูู‡ูุŒ ูˆูŽุฃูŽุฌูŽู„ูู‡ูุŒ ูˆูŽุนูŽู…ูŽู„ูู‡ูุŒ ูˆูŽุดูŽู‚ููŠู‘ูŒ ุฃูŽูˆู’ ุณูŽุนููŠู’ุฏูŒ. ููŽูˆูŽุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ู„ุงูŽ ุฅูู„ูŽู‡ูŽ ุบูŽูŠู’ุฑูู‡ู! ุฅูู†ู‘ูŽ ุฃูŽุญูŽุฏูŽูƒูู…ู’ ู„ูŽูŠูŽุนู’ู…ูŽู„ู ุจูุนูŽู…ูŽู„ู ุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉู ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ู…ูŽุง ูŠูŽูƒููˆู’ู†ู ุจูŽูŠู’ู†ูŽู‡ู ูˆูŽุจูŽูŠู’ู†ูŽู‡ูŽุง ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุฐูุฑูŽุงุนูŒ. ููŽูŠูŽุณู’ุจูู‚ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุงู„ู’ูƒูุชูŽุงุจู. ููŽูŠูŽุนู’ู…ูŽู„ู ุจูุนูŽู…ูŽู„ู ุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑู. ููŽูŠูŽุฏู’ุฎูู„ูู‡ูŽุง. ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽ ุฃูŽุญูŽุฏูŽูƒูู…ู’ ู„ูŽูŠูŽุนู’ู…ูŽู„ู ุจูุนูŽู…ูŽู„ู ุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑู. ุญูŽุชู‘ูŽู‰
ู…ูŽุง ูŠูŽูƒููˆู’ู†ู ุจูŽูŠู’ู†ูŽู‡ู ูˆูŽุจูŽูŠู’ู†ูŽู‡ูŽุง ุฅูŽู„ุงู‘ูŽ ุฐูุฑูŽุงุนูŒ. ููŽูŠูŽุณู’ุจูู‚ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุงู„ู’ูƒูุชูŽุงุจู. ููŽูŠูŽุนู’ู…ูŽู„ู ุจูุนูŽู…ูŽู„ู ุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉู. ููŽูŠูŽุฏู’ุฎูู„ูู‡ูุง

Hadits riwayat Abdullah bin Masud Radhiyallahu โ€™anhu, ia berkata :

Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam sebagai orang yang jujur dan dipercaya bercerita kepada kami : Sesungguhnya setiap individu kamu mengalami proses penciptaan dalam perut ibunya selama empat puluh hari (sebagai nutfah). Kemudian menjadi segumpal darah selama itu juga kemudian menjadi segumpal daging selama itu pula. Selanjutnya Allah mengutus malaikat untuk meniupkan roh ke dalamnya dan diperintahkan untuk menulis empat perkara yaitu: menentukan rezekinya, ajalnya, amalnya serta apakah ia sebagai orang yang sengsara ataukah orang yang bahagia. Demi Zat yang tiada Tuhan selain Dia, sesungguhnya salah seorang dari kamu telah melakukan amalan penghuni surga sampai ketika jarak antara dia dan surga tinggal hanya sehasta saja namun karena sudah didahului takdir sehingga ia melakukan perbuatan ahli neraka maka masuklah ia ke dalam neraka. Dan sesungguhnya salah seorang di antara kamu telah melakukan perbuatan ahli neraka sampai ketika jarak antara dia dan neraka tinggal hanya sehasta saja namun karena sudah didahului takdir sehingga dia melakukan perbuatan ahli surga maka masuklah dia ke dalam surga.

Tujuan utama >> FK UNAIR atu FK UNIBRAW. Tapi ndak menutup kemungkinan FK UGM juga jadi sasaran, hehe. FK UI? Nggak tau kenapa ndak minat masuk UI :p tapi kita kan ndak tau to? Let it flow. Dibawa santai saja, tapi jangan ampe kelewatan ๐Ÿ˜€

Gimana kalau sampai nggak masuk FK? Aku udah memikirkan untuk masuk AKBID walaupun belum terlalu yakin. Ada saran jurusan apa yang bisa jadi alternatif seandainya FK nggak tembus?

Kedua, nuntut ilmu syar’i + tahfidz Al-Qur’an. Wah, kalo ini mah udah nggak ada kata tolerir lagi. Wajib! Sampai akhir hayat, makanya aku juga pingin banget kuliah dan tinggal di lingkungan yang kaya akan kajian. Di mana dzikrullah menebar di jalannya dan menggaung di langit sekitarnya. Subhanallah… nggak perlu dijabarin, udah pada tau lah..

Allah Taโ€™ala berfirman dalam surah Al-Mujaadalah ayat 11yang artinya, โ€œNiscaya Allah akan meninggikan derajat orang-orang yg beriman di antara kamu dan orang-orang yg diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yg kamu kerjakan”.

Rasululloh shollallohu ‘alaihi wasallam bersabda :

ุทู„ุจ ุงู„ุนู„ู… ูุฑูŠุถุฉ ุนู„ูŠ ูƒู„ ู…ุณู„ู…

“Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim” –HR. Baihaqi–

Ketiga kerja. Well, kerja di sini bukan kerja yang gimana, tapi aku mau mencoba berdagang. Hem. Setidaknya jadi bisa mandiri dengan usaha sendiri dan ndak perlu terlalu nyusahin ayah ibu lagi. Dagang apa? Ya dagang apa aja yang bisa didagangkan asal halal dan berkah –mwehehe–. Sebenernya dari jaman SD aku udah biasa dagang. Mungkin karena bakat itu mengalir kental dari Ayah Ibu yang juga memang tukang jualan, hehe. Tapi ya dulu biasa lah anak SD, dagangnya juga masih ecek-ecek. Jaman SMP juga sempet aku jualan makanan dan hasilnya pun lumayan, alhamdulillah. Jadi makin tua harusnya makin profesional dan serius dong yah dagangnya, hehe. Maka, bismillah.. niatkan dalam hati untuk dilaksanakan sebentar lagi, insyaALLAH.

Terakhir, wah, ini. N I K A H.

Nggak mau banyak bicara bab.ini, yang pasti sesudah lulus SMA bila memang sudah waktunya, insyaALLAH. Aku juga ndak mau cuma dibilang ‘omong doang’ tanpa realisasi. Fillah, insyaALLAH. Agar lebih terjaga diri ini apalagi kalau kuliahnya di tempat yaaaang jauh. Dengan menikah pula, 3 hal yang sudah ku jabarkan sebelumnya akan terlaksana lebih baik, insyaALLAH.

Rasulullah Shalallahu โ€™alaihi wassalam bersabda : โ€œWahai para pemuda! Barang siapa diantara kalian yang telah mampu, maka menikahlah, karena demikian (nikah) itu lebih menundukkan pandangan dan menjaga kemaluan. Barang siapa yang belum mampu, maka berpuasalah, karena puasa akan menjadi perisai baginya โ€œ. [HR. Al-Bukhori (4778), dan Muslim (1400), Abu Dawud (2046), An-Nasa’iy (2246)]

Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam pernah bersabda :

ุฅูุฐูŽุง ุฎูŽุทูŽุจูŽ ุฅูู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ู…ูŽู†ู’ ุชูŽุฑู’ุถูŽูˆู’ู†ูŽ ุฏููŠู’ู†ูŽู‡ู ูˆูŽุฎูู„ูู‚ูŽู‡ู ููŽุฒูŽูˆูู‘ุฌููˆู’ู‡ูุŒ ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆุง ุชูŽูƒูู†ู’ ููุชู’ู†ูŽุฉูŒ ูููŠ ุงู’ู„ุฃูŽุฑู’ุถู ูˆูŽููŽุณูŽุงุฏูŒ ุนูŽุฑููŠู’ุถูŒ

โ€œApabila datang kepada kalian (para wali) seseorang yang kalian ridhai agama dan akhlaknya (untuk meminang wanita kalian) maka hendaknya kalian menikahkan orang tersebut dengan wanita kalian. Bila kalian tidak melakukannya niscaya akan terjadi fitnah di bumi dan kerusakan yang besar.โ€ (HR. At-Tirmidzi no. 1084, dihasankan Al-Imam Al-Albani rahimahullahu dalam Al-Irwa` no. 1868, Ash-Shahihah no. 1022)

Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda :

โ€œTidak terlihat hubungan yang demikian dekat di antara dua orang yang saling mencintai yang bisa menyamai hubungan yang terjalin karena pernikahan.โ€ (HR. Ibnu Majah no. 1848, hadits ini dikuatkan oleh Al-Imam Al-Albani rahimahullahu dengan jalan yang lain, lihat Ash-Shahihah no. 624)

Sebenernya udah ada perencanaan yang lumayan matang seperti di atas untuk apalagi aku bingung. Hehe.

Yang penting ikhtiar, do’a, tawakkal. Karena toh Allah sudah menentukan semuanya. Kholas.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Allah telah menulis (di Lauhu Mahfudz) segenap takdir makhluk 50.000 tahun sebelum Ia menciptakan langit dan bumi” –HR.Muslim–

Do’akan ya.. Moga dimudahkan, allahumma aamiin..

.:: Bogor, Jum’at, 30 jumadil awal 1431 Hijriyah [28 Mei 2010] at 8.52 am ::.

Iklan

54 responses to “Sebentar lagi kelas 3. Kemudian?

  1. perindufirdausmu said: Deee UGM ajaaaa….ntar banyak kajianmanhaj salafi loh di sana…kan kalo ade di Jogja, ntar mungkin bisa ketemu ana hihi Insya Allah

    Iya ni kak, pinginnya di jogja karena banyak ta’limnya di sana. Allahu A’lam. Moga diberi yang terbaik. Karena ada rencana mau ke UNAIR Surabaya ato UNIBRAW Malang juga, di sana juga banyak tempat untuk menuntut ilmu insyaALLAH.. do’ain ya kak..

  2. perindufirdausmu said: JOGJA…JOGJA…JOGJA….hehe. Tapi ada teman seangkatan dari jogja dulu juga masuk FK Unibraw, namanya “Galuh”

    Hehe.. insyaALLAH. Galuh itu akhwat, kak? Wah bisa dihubungin ni nanti kalo misalnya aku di FK UNIBRAW..

  3. nasihjakatingkir said: ayo ngaji,………

    Na’am. Sudah pasti itu. Tapi ortu juga pinginnya juga saya kuliah.. jadi ya gimana.. yang pasti pas udah kuliah nanti saya pingin lebih fokus juga untuk menuntut ilmu syar’i insyaALLAH. Moga Allah mudahkan, aamiin. syukron sarannya.. barokallahu fiyk..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s