Sanlat yang menyenangkan…^ ^

Bismillahirrahmanirrahim..

Mau melantunkan sebuah cerita *halah*, tentang 2 hari di bulan Ramadhan, kegiatan yang dilakukan di Sekolah, bernama Sanlat, singkatan dari Pesantren Kilat *iyeee, tau, fath! :p*

Hari pertama, hmm..terjadi Miss Communication antara kami para panitia yang berasal dari DKM Al-Ghufran SMUN 3 Bogor, halah, gayaaa..

Isuk-isuk jam 6 liwat 20 menit, pas aku baruuu aja melangkahkan kaki keluar rumah, buka pagar, trus jalan ke depan dulu bwat nyari ojek, hapeku getar, 1 pesan masup, ternyata dari kakak DKM nyuruh panitia dateng jam SETENGAH 7 soale mau briefing heula, what??!!!! Setengah 7?? Gilingan ajah, sedangkan 10 menit sebelum waktu yang ditentukan aku baru juga keluar rumah, karena kan perkiraanku masup kayak biasa aja jam setengah 8, tanpa babibu lari weh aku siga tukang copet dikejar massa, hhe…

Nyampe skula udah jam 7 kurang 10, widiiih, berasa udah hawa gak enak buangep dah telat, soale di sms-nya juga ada ancaman, buat panitia yang telat siap-siap aja ‘diterkam’ ama guru yang bersangkutan, hiiii…

Tapi tau gak?

Ternyata pas aku udah ke lantai 2, ke aula dimana sanlat kan berlansung *hayyah*, eh, panitia pun masih amat sangat banyak banget-banget yang blum dateng, gilings ah, aku udah capek-capek lari bersimbah peluh, lagi puasa pula, huff..Ikhlaskan semua karena Allah, Fath!

Yawdin, akhire yang panitia disuruh sholu dhuha duluan, ngacir lah saya ke musholla bwat sholdhu, udah car cir cur wudhu, olala! Tuh musholla hijab buat pembatas tempat akhwat ikhwan udah dipinggirin, jadi yang ada cuma 1 ruangan aja tanpa batas, lah aku bingung, mana nih hijabnya??? Masa Aku sholu langsung aja, ntar kalo ada Ikhwan gimana?? Wuih, pokoe serentetan pertanyaan bergelut di benak ini *idih, apa seh*

Bismillah, nekatlah aku masang lagi tuh hijab, kugeser dikit bwat tempat aku sholdhu, daripada aku sholu diliatin Ikhwan , aku pun kagak peduli mau dimarahin kakak DKM ato diprotes Ikhwan karena udah ngerubah tata ruang musholla tanpa izin , lagian keciiillll banget bagian aku minta tempat bwat sholdhu, saking kecilnya bwat sujud aja syusyah, heuuufff…

Udah kelar sholu, langsung melesat lagi dah aku ke lantai 2, ke Aulanya. Udah mulai ramai dan tampak beberapa wajah panitia yang datanganya terlalu ‘pagi’, hhe..

Tanpa diperintah dan emang dasarnya aku kagak suka nganggur, maka aku pun bantu2in panitia bagian absensi, hheu, aku waktu itu seksi dekorasi harusnya kalo gak salah, tapi entah mengapa pas waktu hari H-nya, udah gajelas lagi mana yang seksi ini, mana yang seksi itu, semuanya campur, jadi semuanya bisa jadi seksi apapun, hheu…aneh dah!

Ada kejadian lucu selama ngabsensi temen satu angkatan sendiri, para perempuan kelas 10! Dari kelas 10-1 ampe 10-9.

Jadi tuh kita dititahkan *halaaaah* :P, ama Teh Alni (Guru Penjaga Lab.MIPA yang super duper cantik jelita buanget, buanget, jilbabnya lebar, putih banget orangnya, beuuuuh, mantaaafff *, buat ngasih tau mereka semua itu bwat make jilbabnya kalo udah mau masup ruangan sanlat. Daaaan, disitulah tantangannya sodara-sodari! Ternyata nyuruh mereka bwat make jilbab HANYA SELAMA SANLAT BERLANGSUNG tuh syusyahnyaaaa bukan main! Mereka baru langsung buru-buru pake jilbab kalo kita-kita para panitia udah koar-koar gegerowokan, ato gak kalo gak mempan ama kokoaran kita, pelototan guru pun yang menyelesaikannya .

Bagi yang terpaksa pun, berhubung mereka mau gak mau kudu matuhin tuh peraturan, yaa mereka pake juga walaupun dengan muka ditekuk, fiuh, ampe aku masang tulisan dengan huruf besar,

SEBELUM MASUK, JILBABNYA DIPAKE YA!

Hahahaha, nekat abiissss, hahah, langsung kutempel di depan pintu masup, yaaah, daripada pake mulut susah disuruhnya, lagian segan kaleee, seangkatan trus baru juga jadi panitia sanlat udah balagak, lagian aku gamau juga ada yang berpikiran mereka kok dipaksa berjilbab mentang2 saya udah berjilbab, huuuu, kata siapa juga tuh, mbak!

Yang lucu lagi (hhe), kerudung mereka kan pada pendek-pendek, yang rambutnya panjang pada nongol di belakangnya, hahah, kayak buntuk apaaa gitu *ups, astaghfirullah!*, bukan apa-apa, heran aja kok meuni gamau rapih dikit walaupun jilbabnya pendek juga, apa kagak gerah ama rambut mereka yang bahkan dikuncir pun kagak, hueh, Trus ada yang bela-belain pake mukena saking malesnya bawa jilbab yang ‘normal’ sedikit, piuh, ampun dah! lagian apa susahnya sih pake jilbab cuma beberapa jam doang, peraturan agama sendiri kok susah banget buat dipatuhin, walaupun dalam tempo waktu sebentar, ckckckc…astaghfirullah…ampuni kami Ya Allah…

Udah kelar absensi segala macem, cegat anak-anak yang telat, dan beberapa basa basi lainnya *halah*, kami para panitia pun masup ruangan bwat ikutan acara demi acara yang berlangsung di sanlat itu.

Awalnya ada pembacaan Qur’an dulu, trus sambutan2, terakhir dzikir dan doa.

Pas acaranya mah yang pertama ada Pelatihan Shalat Khusyuk ala Rasulullah yang dilatih ama Bapak Abu Fathin Abdurrahman Addausi, alias Bang DC , plusss para asistennya ada Mas Bram, Mas Saprol, Mas Aziz, Kang Purwa, dan Mas Agus (Hafidz euy! Mantaaabbb ^ ^b). Pelatihan ini memakan waktu pualiiing lama, dari jam setengah 9 ampe adzan Dzuhur berkumandang.

Apa aja isi Pelatihannya?

Hheu..susah diungkapkan dengan kata-kata, tapi subhanallah, tuh pelatihan baguuusss banget! Kita jadi tau deh tentang shalat itu apa, trus bacaan yang kita baca pas shalat tuh artinya apa, trus gerakan shalat yang benar kayak gimana plus manfaatnya, gimana sih wudhu yang benar, dan semuanya itu bertumpu pada satu sosok, Nabi Muhammad SAW, subhanallah indah deh! Dijamin bakal bahagia en’ puas kalo udah ikut nih pelatihan *promosiceritanyamah* , dan tentunya bakal jadi pribadi yang lebih baik lagi dengan mengubah kesalahan dalam ibadah yang utama itu, shalat plus wudhunya juga yaa..

Setelah shalat dzuhur togetha, adapun materi yang kedua *halah*, itu mengangkat tema Perkaran Yang Membatalkan Puasa dan Implikasinya…oleh Bapak Rachmat Muntahir, yang pas beliau lagi cuap-cuap kan lagi jam 1-2 an, godaan euy, mata teh beraaat banget, walhasil aku pun memperhatikan hanya samar-samar sedangkan pikiran mah udah ke alam mimpi, hheu, lucu juga ngeliat tulisan ku yang jadi gajelas gara-gara ngantuk (dan ketiduran dikit) itu

Trus pulang deeeeh, kelar sudah hari pertama, piuh! Capek tapi menyenangkan!

Hari kedua…

Yaitu today!! Hheu…

Dateng ke skula lebih telat lagi dari kemaren , walaupun cuma beda semenit 2 menit tapi tetep weh lebih telat, nyatanya juga panitianya lebih banyak lagi hari ini yang masuknya lebih ‘pagi’ lagi, hhe..

Baru pertama dateng aku langsung heboh nyerbu ruangan sanlat bagian akhwat yang masih kosong buangep itu *maklum masih pagi*, niatnya mah sholdhu, brak brik bruk, kelar weh sholdhu aku langsung bergabung dengan kawan-kawan terlopeh buat absen en’ ngedata para teman seangkatan yang datengnya amat sangat ‘pagi’

Senengnya hari ini semua jauh lebih tertib dari hari sebelumnya, yang para akhwat jilbabnya udah pada dipake pas tiba di depan meja absen, trus frekuensi anak2 yang dateng terlambat pun berkurang, dan alhamdulillah gak ada yang ampe dipulangin gara2 telat, gak seperti hari sebelumnya…

Awalnya mah ada sholdhu dulu, trus dilanjut tadarusan, trus acara pertamanya itu diskusi seputar dunia remaja dengan judul Problematika Remaja oleh Bapak Wahyul Mimbar, hmm…kurang seru sih, soale bentarrrr banget dan problematikanya cuma disebuttin 3 biji, padahal kan problematika remaja kan ada buanyak buangep, kalo kata Tango mah, RATUSAN!

Abis itu dilanjut acara Muhasabah oleh Bapak Arief Budiraharja, beuuuh, ini sesi paporit aku, soale beliau menyampaikannya itu kereeen abis, enak didengar, mudah dicerna dan gak kaku, jadi klop abis dah ama kite-kite para remaja , padahal beliau itu udah berumur syekaleee…nah, di sesi muhasabah ini kita diingatkan akan kematian, plus dikasih gambar suatu artikel tentang seorang remaja 18 tahun yang disiksa ampe ancur lebur banget padahal baru dikubur selama 3 jam, hhiks, naudzhubillah, syerem banget liatnya, ampuni kamu Yaa Rabb…T___T Yang menarik pula dari sesi ini, kan ditanya ama Pak Arief,

“Siapa yang sampai hari ke-13 Ramadhan ini sudah tilawah sampai Juz 13?”

Satu orang dari pihak Ikhwan mengacungkan tangan, yang lain gak ada, yang bagian Akhwat malah kagak ada sama sekali, haduuuuh, sedihnya, begitu kecil kah minat mereka untuk tilawah Qur’an??? Dari 1 angkatan kelas 10, ada 9 kelas, semuanya sekitar 250-an siswa siswi Muslim yang tilawahnya udah ampe juz 13 cuma 1 orang Ikhwan??? Hhiks, sedihnyo…

Ujug-ujug tangan kananku diangkat keatas oleh 2 temanku, si Nisa ama Menik,

“Hah???!!! Apa-apaan sih?”, Aku udah lemesin tangan tapi tetep aja diangkat ke atas, dan Pak Arief pun melihat.

“Kamu kan udah lewat juz 13 fath!”, gemes banget dah aku ama celetukan mereka, lantas kenapa? Tilawahku masih dikit buangep gitu loh!

“Ya buat 2 siswa yang sudah mencapai juz 13, saya beri penghargaan TP (Transfer Pulsa) 13 Ribu!”, pengumuman si Bapak mengundang kegaduhan seluruh peserta sanlat. Aku Bingung. Apa sih maksudnya? Ujug-ujug udah ada aja Kak Kiwil, kakak DKM kelas 12 dateng menghampiri sambil membawa HP,

“No.nya masukkin..”, perintahnya.

Aku yang masih blum konek cuma bilang,

“Apaan sih???”

Eh, temen-temen aku lansung pada gandeng,

“Wiiiih, rejeki tuh fath, alhamdulillah…”

“Asik banget! Gua juga mau!”

Dan beberapa celetukan lainnya, aku yang masih blum konek cuma masukkin no.HP tanpa blum bisa mencerna apa yang benar-benar sedang terjadi, pas udah konek pikiranku, aku pun cuma mikir,

“Ah, palingan becanda, masa iya sih, lagian HP-ku juga lagi dimatiin, ah biar deh”, cuek weh saya, hhe. Eh, tapi bener ding! Pas nyalain HP dan cek pulsa, pulsaku yang tadinya ada 23 rebu bertambah jadi 36 rebu, wuidih, alhamdulillah pisan euy…

Sesi ketiga adalah sesi puncak! Beuuuuh…yaitu,

GeMAH, kependekkan dari Gerakan Moral Asmaul Husna, yaitu melantunkan nama-nama Allah dengan metode irama gitu deh, bagus buangep! Semua itu dari kakak-kakak FOSMA Bogor ESQ 165 *ada yang pernah ikutan trainingnya alias udah jadi alumni?*, wiiih, kudu ikut deh! Ajip bener dah tuh training, subhanallah! ^ ^

Selain melantunkan Asmaul Husna kita semua pun ‘digojlok’ biar bisa jadi manusia yang lebih baik, tatangisan euuuy, tapi tetep aja ada beberapa anak yang masih bisa ketawa padahal disana tengah diperintahkan kita semua untuk membayangkan jikalau ortu kita masuk neraka hanya karena diri kita sang anak durhaka, hhiks, naudzhubillah…

Berhubung kakak-kakak FOSMA ESQ-nya tampan-tampan, salah satunya malah ada penyiar dari salah salah satu statiun radio yang amat terkenal *khususnya buat remaja* yaitu Lesmana 100.1 FM, Kak Muhammad Nicco Aulia alias Kak Nicco, trus ketua FOSMA Bogor juga si Kak Ridho kan tampan pisan kayak Evan Sanders, eh, geleuhnya tuh anak-anak cewek pada histeris semua, idiiih cape de, baru liat yang cakep gitu doang aja! *halaaah, lagak lu faaaath :P*, mereka pun iri dengan kami yang bisa poto bersama kakak-kakak itu, hha, idup panitia!

Udah kelarnya mah yawdin, penutupan, bubar deh!

Yang panitia mah ada acara tambahan selain evaluasi acara,

Yaitu BEBERSIH dan POPOTOAN tentu sajah! Narsis everytime everywhere

Maap ya kalo garing dan ada kata-kata salah, mohon dimaapkan…

Mariiiiiiiiii…^ ^

Bogor, 13 September 2008 at 10.03 PM

*Hari ke-13 Ramadhan, hhiks..blum maksimal nih targetnya, hhu..tetap semangadh dah tapi semuanya!Allahu Akbar! *

Iklan

28 responses to “Sanlat yang menyenangkan…^ ^

  1. ”Hari ke-13 Ramadhan, hhiks..blum maksimal nih targetnya, hhu..tetap semangadh dah tapi semuanya!Allahu Akbar!”=-=-=-=ayo, smngt2, fathia … 🙂 *mnyemangati diri sendiri mode-on*

  2. fathia27rhm said: Teh Alni (Guru Penjaga Lab.MIPA yang super duper cantik jelita buanget, buanget, jilbabnya lebar, putih banget orangnya, beuuuuh, mantaaafff

    Fath, ini yang mau dijodohin sama k Tanto itu yah? hehe ^^semangat ya, Fath 🙂

  3. tazkiatunnafs said: Allahhu Ya Karim…hmmm…pengalaman sanlat yg bgtu mengesankan ya fath… Subhanallah kk jd ikut terhanyut membaca tulisan km *halah*. Keep Istiqomah and Keep Writting My brilliant sister

    Hehe..alhamdulillah, jazakillah my beloved sistah! Sumangapsss.. 🙂

  4. setta81 said: ”Hari ke-13 Ramadhan, hhiks..blum maksimal nih targetnya, hhu..tetap semangadh dah tapi semuanya!Allahu Akbar!”=-=-=-=ayo, smngt2, fathia … 🙂 *mnyemangati diri sendiri mode-on*

    hehehehe..yaeyalah! Sama2 semangaaaaddddhhh!!! ^ ^b

  5. malambulanbiru said: Fath, ini yang mau dijodohin sama k Tanto itu yah? hehe ^^semangat ya, Fath 🙂

    Yoah buuu… 😉 tapi gatau jadi minat gak tuh orang lama gak nongol dieh :Piya kak, semangadh too! 🙂

  6. dafa said: wahh,,, asik atuh nya,,, dapet pulsa gretong,,,hare geneee,,, geto loch.,,,,,sering-sering wae,, atuh pak,, kitu atuh dek,,,, heuheuheuhe,,, 😛

    hehehe..yoah..alhamdulillah, dibales ama Allah mungkin itu 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s